Sunday 11 January 2015

Gudek Yogya Yang Lezat

Gudek Makanan Khas Yogyakarta

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini memang sudah menjadi ciri khas dari kota Yogyakarta,karena kota yogya juga terkenal dengan nama "Kota Gudek".Sebenarnya makanan ini berasal dari buah nangka muda "jawa disebut Gori"yang direbus selama beberapa jam,ditambah aneka bumbu,santan dan pewarna alami makanan yang biasa terbuat dari sari daun jati,sehingga berwarna agak kemerahan.

dudek yogya
Gudek Makanan Khas Yogyakarta
Ada berbedaan antara gudek Yogya dengan gudek dari daerah lain,gudek Yogya cenderung manis dan kemerahan karena kebanyakan masyarakat Yogya menyukai rasa manis.
Di Solo (Surakarta) gudek memiliki warna sedikit pucat karena banyak santan dan tidak menggunakan pewarna makanan.Rasanya lebih gurih dan sedikit asin.
Demikian juga di Jawa Timur,kota Ngawi dan sekitarnya gudek sangat digemari masyarakat pedesaan karena selain nikmat juga tahan lama.

Biasanya ada dua cara memasak gudek,yang pertama bisa dimasak dengan banyak kuah (basah) cara yang kedua dengan dimasak kering "Blendrang"yaitu gudek yang sengaja diawetkan dengan cara dimasak lama sampai kering sehingga bisa tahan sampai seminggu.

Rumah Makan Penyedia Menu Gudek Di Yogyakarta


Diyogyakarta banyak sekali rumah makan dan restoran yang menyediakan masakan gudek ini.Dan masing-masing memiliki keunikan rasa sendiri-sendiri.
Bahkan ada beberapa restoran yang hanya khusus menyediakan menu tersebut,berikut adalah nama-nama restoran dan rumah makan yang menyediakan menu Gudek di kota Yogyakarta:
  1. Gudek Yu Djum: Didekat kampus UGM,Jl. Kaliurang Km 4,5 Yogyakarta 55281, Indonesia
    Phone: (0274) 515 968
  2. Gudek Pawon : Javanese Restaurant and Asian Restaurant
    Jl. Profesor Doktor Supomo (Janturan), YogyakartaDI Yogyakarta, Indonesia
  3. Gudeg Permata Asli Bu Pujo
    Javanese RestaurantIndonesian Restaurant, and Asian Restaurant
    Jl. Gadjah Mada (Belakang Bioskop Permata), YogyakartaDI Yogyakarta, Indonesia
  4. Gudek Bu Tjitro,Jl Janti No 330,Banguntapan,Bantul,Yogyakarta,Indonesia Telp.0274-543452
  5. Gudek Yu Narni,Jl. Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/19 Telp 0274-589687
Nah sobat...itulah sedikit info tentang gudek di Yogyakarta semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment